Rawat Kesehatan Sendi Anda Agar Tua Tidak Menderita

Rawat Kesehatan Sendi Anda Agar Tua Tidak Menderita

Sendi adalah penghubung pada dua tulang yang memungkinkan Anda untuk menekuk lutut dan siku, membungkuk, menengok, berjalan, melambaikan tangan ataupun menulis. Mengingat perannya yang penting, maka kesehatan sendi harus dijaga sehingga mampu tetap berfungsi dengan baik.

Anggapan rs stroke bkt selanjutnya ternyata tidak terbukti. Setiap orang sebetulnya punyai bagian otak yang lebih aktif di keliru satu sisi, namun dalam laksanakan fungsinya, otak kanan dan kiri saling bekerja mirip dan berkoordinasi.

8 Rahasia Menjaga Kesehatan Sendi Sampai Usia Tua

Hal ini menyatakan bahwa bukan bermakna jika seseorang punyai kegiatan otak yang lebih dominan di satu sisi, maka bagian otak di segi lainnya menjadi tidak cukup berfungsi.

Menjaga kesehatan sendi penting dijalankan oleh seluruh orang, terutama penderita arthritis. Dengan begitu, tekanan, beban, atau rasa sakit pada sendi mampu berkurang.

Berikut adalah sebagian langkah merawat kesehatan sendi yang mampu Anda lakukan:

1. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan menyebabkan sendi-sendi pada lutut, pinggul, dan punggung harus menanggung beban yang lebih besar.

Makin berat badan seseorang, maka makin lama tinggi risiko problem pada sendi. Maka dari itu, merawat kesehatan sendi mampu dijalankan dengan menurunkan berat badan.

2. Hindari duduk amat lama

Duduk diam selama hari, baik menyaksikan TV, bekerja, atau berkendara, mampu meningkatkan risiko terkena problem sendi. Hal ini gara-gara makin lama banyak bergerak, sendi menjadi makin lama lentur dan mengurangi risiko terkena problem sendi.

Bila pekerjaan Anda mengharuskan duduk selama berjam-jam, laksanakan peregangan setidaknya tiap 30 menit.

3. Perhatikan postur tubuh

Postur tubuh yang buruk, andaikata gara-gara posisi duduk, berdiri, atau berlangsung yang salah, mampu menyebabkan beban pada sendi meningkat.

Untuk itu, biasakan untuk tetap tegak selagi berdiri maupun duduk. Saat duduk, pastikan punggung dan kedua bahu lurus, kedua telapak kaki menyentuh lantai, dan tukar posisi tiap-tiap 30 menit.

Jangan duduk dengan bantal amat tinggi atau dalam posisi menyamping amat lama.

4. Konsumsi makanan bergizi

Menjaga kesehatan sendi juga mampu dijalankan dengan konsumsi makanan yang kaya dapat kalsium, protein, selenium, vitamin D, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

Makanan yang baik untuk merawat kesehatan sendi adalah buah dan sayur, ikan, minyak zaitun, biji-bijian utuh, susu dan produk olahannya (seperti keju atau yoghurt), kacang-kacangan, atau teh hijau.

5. Jangan merokok

Berhenti merokok mampu menjadi keliru satu langkah untuk merawat kesehatan sendi. Menurut penelitian, merokok mampu berdampak negatif pada kesehatan sendi dan tulang.

Merokok mampu meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, juga menyebabkan tulang rentan mengalami keretakan (fraktur) akibat kepadatan tulang yang menurun.

Tak hanya itu, rokok juga mampu meningkatkan risiko terkena bursitis, tendinitis, nyeri pinggang, dan rheumatoid arthritis.

6. Olahraga secara teratur

Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga yang mampu memacu detak jantung, seperti senam aerobik, diketahui mampu meredakan pembengkakan pada sendi.

Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk laksanakan olahraga dengan beban cocok dengan kemampuan, sehingga otot-otot yang menyangga sendi menjadi lebih kuat.

Akan tetapi, jika Anda tengah mengalami nyeri sendi, tersedia baiknya mencoba olahraga lain yang lebih tidak berisiko, seperti jalur kaki, berenang, atau bersepeda.

7. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum akan dan sehabis berolahraga

Sebagian orang kerap kali tidak laksanakan pemanasan sebelum akan berolahraga. Padahal, laksanakan gerakan enteng sebelum akan berolahraga mampu menahan cedera sendi yang mampu berlangsung selama orahraga.

Tidak hanya itu, Anda juga direkomendasikan untuk laksanakan pendinginan setelahnya. Pemanasan dan pendinginan mampu dijalankan kira-kira lima menit, sebelum akan dan sehabis berolahraga.

8. Hindari olahraga secara berlebihan

Olahraga secara teratur sebetulnya mampu merawat kesehatan sendi dan menyebabkan tubuh menjadi lebih bugar. Namun, jangan memaksakan untuk tetap olahraga jika Anda mengalami nyeri otot atau sendi.

Anda sebaiknya mengetahui tanda-tanda selagi tubuh butuh istirahat. Jika otot atau sendi tetap nyeri selama berhari-hari, beristirahatlah dari normalitas olahraga. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter jika rasa nyeri tidak kunjung hilang.

Dengan menerapkan cara-cara merawat kesehatan sendi di atas, bukan tidak barangkali sendi Anda tetap kuat dan sehat sampai tua. Apabila mengalami rasa sakit akibat problem sendi, jangan sangsi untuk memeriksakan diri ke dokter. Penanganan yang cepat dan pas mampu menahan problem sendi menjadi makin lama parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *